Sunday 20 March 2016

Tiga Faktor Utama Penentu Peringkat Blog

Kita sebagai blogger tentunya, berlomba turus-menerus agar blog maupun postingan tampil diperingkat atas disitus pencarian Google, Tampil di rangking 1, 2 , atau tiga atau tampil dihalaman pertama tentunya akan memikat semua pengunjung ke blog kita. Terus apa yang harus dilakukan agar blog atau postingan mendapatkan peringkat 1 di Google? ya SEO. Tapi, SEO bukan satu-satunya faktor penentu.
Berdasarkan pengalaman dan pengamatan, menurut saya ada tiga faktor penentu dalam rangking SERP Google, yaitu konten yang berkualitas, Template Blog SEO & User Friendly, dan Link.


Sebelum saya lanjutkan, saya simpulkan terlebih dahulu. Faktor penentu peringkat blog di SERP Google bukanlah puluhan, atau ratusan, bahkan ribuan. Tapi faktor ini cuman tiga.

Tiga penentu faktor peringkat blog di pencarian Google itu adalah:

1. Konten Berkualitas
2. Template Blog
3. Link

Jawara Peringkat Google #1:
Konten Berkualitas.


Konten, isi, atau postingan (tulisan) adalah ibarat seperti raja. Konten Berkualitas menjadi penentu utama peringkat blog di mesin pencarian Google. Tips, atau trik blog terbaik tidak bukan adalah menulis Konten Berkualitas.

Adapun Kualitas konten itu meliputi aktualitas, unik, orisinilitas, lengkap dan enak dibaca oleh pengunjung.


Saya sarankan tampilan teks di postingan itu jangan bertumpuk. Berilah jarak, satu alinea maksimal 5 baris, makin sedikit kalimat dalam satu alinea, makin enak dibaca. Sebagai contoh penerapan itu adalah situs BBC Indonesia .

Sok gera bandingkan tampilam teks (postingan) di situs itu dengan di blog Anda. Enak mana dibacanya? :D

Kembali ke topik ke 1 Sering mungkin Anda menjumpai ada blog "asal jadi', tanpa SEO, bahkan templatenya bawaan blogger bisa berada di peringkat pertama Google,

Mengapa terjadi? Karena, kontennya berkualitas, asli, lengkap, yaitu blog mahasiswa yang memposting makalah atau tugas kuliahnya!

Penentu Peringkat Google #2:
Template Blog


Ini adalah saran Google: Make your  blog load faster! Jika blog Anda berat, sehingga loading lebih dari 4 detik, Maka blog Anda akan sering kena "bounce back", ditinggalkan pengunjung, lalu diabaikan Google.

Konten berkualitas harus didukung Template blog SEO & User Friendly, gar fast loading ( loading ringan, dan tampil cepat), enak dipandang, dan responsive.

Gunakan template yang simple, sederhana, tapi indah, tidak asal cepat.

Penentu Peringkat Google #3:
Link


Tautan. yaitu terdiri dari internal link, eksternal link dan backlink!

Internal link meliputi navegasi menu, related post, jika perlu random post dan most commented.
Internal link juga ada dalam postingan, menaut ke postingan lama yang setema.

Link eksternal tak kalah penting agar posting kita "punya teman". Jika kita pelit menyertakan link eksternal, misalnya link sumber, maka blog kita akan kesepian. kasihan tuh

Backlink masing juga penting, namun kata Google, sudah tidak penting karena banyaknya menipulasi dan "spam link". Hanya backlink dari website/blog berkualitas yang akan dihitung Google.

Baca juga : Cara Menempelkan Template di Blog

Demikianlah, akhir dari "Diskusi" tentang faktor utama penentu peringkat blog, saran saya kerahkan sebagian waktu , tenaga, dan pikiran untuk fokus ke konten yang berkualitas.

  • 0Blogger Comment
  • Facebook Comment

Leave your comment

Post a Comment